Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Kota Kraksaan

Pohon tumbang timpa rumah warga

KRAKSAAN - Hujan lebat disertai angin puting beliung menerjang wilayah Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Selasa (12/12/2017). Akibat musibah ini, puluhan rumah porak-poranda tersapu angin. Dalam kejadian tidak ada korban jiwa, namun kerugian material ditaksir capai ratusan juta rupiah.

Petaka bermula sekitar pukul 14.30, dimana angin disertai hujan berhembus kencang. Angin semakin kencang hingga genteng rumah warga berhamburan, bahkan sebuah warung roboh akkibat tertimpa pohon tumbang.

Kapolsek Kraksaan, Kompol Budi Hariantom mengatakan, sedikitnya 84 rumah dan 3 mobil milik warga di tiga wilayah di Kecamatan Kraksaan, menjadi korbannya. Rinciannya, di RW 5 Kelurahan Patokan  menimpa 18 rumah dan 3 mobil tertimpa atap rumah. Kemudian di RW 3 Kelurahan Sidomukti, ada 5 rumah warga yang rusak.

“Sedangkan di RW 4, 6 dan 7 Kelurahan Kraksaan Wetan, 61 rumah warga porak-poranda setelah dihantam puting beliung. Semua rumah mengalami kerusakan pada atap rumah dan gentengnya,” tandasnya.

Warga berhamburan keluar rumah saat puting beliung menerjang

Pasca kejadian, Polisi bekerjasama dengan TNI, Muspika dan warga langsung mengevakuasi barang berharga yang masih dan melakukan perbaikan. Kerugian yang dialami warga mencapai ratusan juta rupiah akibat kejadian ini. “Hanya material, korban jiwa nihil,: tandas Kapolsek.

Salah satu korban yang mengalami naas adalah Asis (50), yang memiliki warung di jalan Yos Sudarso, Kelurahan Kraksaan Wetan. Warung itu hancur rata dengan tanah setelah tertimpa pohon tumbang yang dihempas angin puting beliung. Pemilik warung mengalami luka ringan akibat tertimpa material bangunan.

“Saat itu saya sedanga berjualan di dalam warun, saya langsung lari begitu melihat puting beliung kencang. Saya selamat tetapi perabotan hancur,” Azis pemilik warung. (Tofa)


No comments:

Write a Comment


Top