Angin Ribut, Rumah Warga Tertimpa Pohon

Pohon tumbang menimpa salah satu rumah warga di desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo
PROBOLINGGOHujan deras disertai dengan angin kencang yang terjadi Kamis (26/10) sore kemarin. Membuat sejumlah pohon tumbang dan menimpa rumah milik warga. Salah satunya menimpa rumah milik Sugik, warga desa Sumberkedawung, kecamatan Leces. Beruntung dalam peristiwa tidak sampai menimbulkan korban jiwa.
            Dari informasi yang berhasil dihimpun di lokasi kejadian. Peristiwa tumbangnya pohon mangga yang menimpa rumah milik Sugik itu terjadi sekitar puku 15.30 Wib. Saat itu cuaca disekitar desa Sumberkedawung memang tengah diguyur hujan deras disertai angin kencang,
“Saat itu kami sedang didalam rumah karena diluar sedang hujan deras dan anginnya juga kencang, tiba-tiba terdengar suara keras dan plafon depan rumah saya sudah ambruk tertimpa pohon mangga didepan rumah itu,” ungkap Sugik, pemilik rumah, Kamis (26/10) kemarin.
Dia mengatakan peristiwa itu sangat cepat, dan tidak mengira bahwa pohon mangga didepan rumahnya yang telah berusia belasan tahun tiba-tiba tumbang dan mengenai rumahnya, “Untung tidak roboh pas kedalam rumah,” katanya.
Saat ditanya soal kerugian materi, Sugik menyebut kalau kerugiannya tak banyak hanya sekitar Rp 1 Juta. Dan proses evakuasi batang pohon itu pun disebutnya tak memakan waktu lama lantara dia bersama dengan tetangganya langsung memotong kayu itu agar tak membahayakan bagi orang disekitarnya, “Sudah kami potong dan buang dahan dan rantingnya, untuk batangnya nunggu gergaji mesinnya datang,” paparnya.
Selain itu peristiwa pohon tumbang juga terjadi di desa Banjarsawah kecamatan Tegalsiwalan, Dimana sebatang pohon mahoni tua tumbang tersapu angin disertai hujan deras pada Kamis sore itu juga, Bahkan akibat tumbangnya pohon yang mengarah ke arah jalan disampingnya, arus lalu lintas antara kecamatan Tegalsiwalan dan Dringu sempat macet total, “Pohon itu memang sudah lama miring, dan akibat angin kencang tadi jadi tumbang seperti itu,” kata Andi Purnomo, salah seorang pengendara yang hendak melintas.
Dia menambahkan cuaca buruk berupa angin kencang dan hujan deras memang kerap terjadi di wilayah kecamatan Tegalsiwalan, Leces, dan Dringu beberapa hari ini, “Kalau bisa ya pohon-pohon yang sudah tua itu tolong dipangkas saja, biar kejadian semacam ini tak terjadi lagi,” tandas warga desa Banjarsawah ini. (Tofa)


No comments:

Write a Comment


Top