Target Sukses Eksekusi Dinas Lakukan Rakor Pra Realisasi, Ini yang dilakukan PFK Kab. Probolinggo?

Rapat koordinasi Jalin Matra, selasa siang 14/08/18


PROBOLINGGO - Rumah tangga sangat Miskin (RTSM) dan  Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) Provinsi Jawa Timur tahun 2018 Program besutan Pemprop Jatim ini sudah berada di tahapan Proses yang perlu di perhatikan yakni di tahapan Pembelanjaan dan Penyerahan Bantuan, untuk itu Dinas PMD Kabupaten Probolinggo melakukan langkah dengan mengadakan Rapat Koordinasi Pada semua Desa Sasaran Penerima Program Jalin Matra Baik RTYSM, PFK Maupun PK2, Rakor ini bertujuan memberikan Informasi Progres Pendanaan yang sudah masuk rekening dan persiapan pembelanjaan dan penyerahan, Rapat koordinasi ini mengundang seluruh Kepala Desa dan Bendahara Desa Penerima Bantuan Program Jalin Jatra tahun 2018. Acara ini di buka Oleh Asisten Administrasi perekonomian dan Pembangunan Kab Probolinggo Bapak H. Muh Happy, SH.M.Si, selasa 14/08/18. 
Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat peran pemerintah Desa sangat besar dalam Mensukseskan Program ini , yang terpenting adalah Paska Penyerahannya apalagi ini mendekati Hari Raya Kurban, kontrol dan pengarahan serta bimbingan dibutuhkan agar masyarakat bisa mengembangkan Bantuan yang di berikan, Tuturnya. Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas PMD kab. Probolinggo HERI SULISTIANTO, S.sos. M.Si juga menyampaikan Agar Memperhatikan spek Ternak dan barang yg di beli serta Administrasi Pertanggung Jawabannya, Setelah acara pembukaan di lanjutkan dengan acara Rakor yang di pandu Langsung Oleh Sekretaris Dinas PMD Kab Probolinggo  Bpk Drs. Samsul Huda. M.Si  dalam kesempatan itu Sekdis menyampaiakn Adminstrasi sangat penting karena baru saja kemarin Pulang BPK pemeriksaan di probolinggo sekarang datang BPKP, dan insyaallah Bulan September akan beda lagi pemeriksaan dari BPK, untuk itu diperhatiakan dlm administrasi proses maupun pertanggung jawabannya, Ujarnya. 

Setelah itu Penyampaian Progres pencairan dan rencana ke depan, Jamharir Koordinator PFK yang sekaligus mewakili Jalin Matra RTSM dan PK2 juga menyampaikan Bahwa PFK dr 52 Desa sasaran sudah masuk rekening sebanyak 35 Desa sisanya masih dalam proses di keuangan untuk RTSM msh ada 3 Desa yg belum masuk rekening serta masih ada dua desa yg kurang berkas lampiran di Proposalnya, dalam acara yg sama jamharir menyampaikan bahwa Desa dalam kegiatan Rembuk penyerahan akan menghadirkan tenaga Medis untuk melakukan pemeriksaan Gratis bagi KRTP sasaran Program Jalin Matra , jadi sebelum menerima barang KRTP akan di periksa kesehatannya ada dua yg di dapat selain dapat Bantuan yg di minta juga di fasilitasi kesehatannya, "kami berkolaborasi denganDinas Kesehatan Kab Probolinggo, karena Percuma dapat Bantuan bila KRTP Sakit tidak akan maksimal mengembangkan Usahanya", Tandasnya.
Di akhir pemaparannya Jamharir menyampaikan Sistem Pengawalan Dalam program ini adalah penerapan 4T, Yaitu Tepat sasaran, Tepat Jumlah, Tepat Manfaat dan Tepat Administrasi, Tepat sasaran adalah penerima atau sasaran harus tepat sesuai kriteria, tepat jumlah adalah Bantuan yg di terimakan harus tepat sesuai jumlah yg di alokasikan yakni 2.500/ KRTP , Tepat Manfaat adalah bantuan yg di berikan sesuai dg kebutuhan sesuai yg di minta agar bermanfaaat dan yg terahir adalah tepat Administrasi , agar semua traksaksi di buktikan dg nota atau kwitansi dari toko atau yg menjual untuk di rekap menjadi LPJ Laporan Pertanggung Jawaban "Apabila 4T tadi sudah dilaksanakan insyaallah program ini akan berjalan Lancar dan tdk akan ada masalah tentunya sukses akan menanti", tutupnya. (JAM's)


No comments:

Write a Comment


Top