Jalin Matra Peduli Kesehatan, Ini yang dilakukan Koordinator PFK Kab. Probolinggo?

Sosialisasi dengan Kepala Rumah Tangga Perempuan, minggu 12/8/18

PROBOLINGGO - Pada tahun 2018 ini tercatat 1998 Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) ada di kabupaten Probolinggo. Melihat besarnya jumlah KRTP tersebut, Jalin Matra melalui program penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) besutan pemprov Jawa Timur mengadakan pelayanan medis gratis dan pemberian bantuan usaha untuk para KRTP.
Seperti yang dilaksanakan oleh Jalin Matra Jalin di desa Alaskandang kecamatan Besuk pada Minggu (12/8). Dimana sebanyak 41 KRTP di desa setempat mendapatkan bantuan modal untuk membuka usaha pracangan, gerabah, jual es, hingga tukang pijat. Bahkan ada yang mendapatkan bantuan berupa hewan ternak.
"Dari 41 KRTP ada 39 yang diberikan bantuan modal untuk usaha rumahan mereka, sedangkan 2 KRTP lagi mendapatkan bantuan berupa hewan ternak untuk mereka kembang biakkan, dan hasilnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," ujar koordinator PFK Kabupaten Probolinggo,  Jamharir, Minggu (12/8).

Dia menyebut pemberian bantuan tersebut merupakan upaya nyata pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk turut mensejahterakan ribuan KRTP di kabupaten Probolinggo."Untuk pemberian bantuan perdana ini dimulai dari desa Alaskandang, selanjutnya masih ada 51 desa di 16 kecamatan lagi yang KPRT nya akan kami bantu," ungkapnya.

Salah satu warga melakukan cek Kesehatan

Selain memberikan bantuan modal kepada para KRTP di desa Alas Kandang.  Jalin Matra yang juga menggandeng Dinkes Kabupaten Probolinggo untuk memeriksa kesehatan para KRTP. Hal ini dilakukan untuk menjamin kesehatan para KRTP agar selalu dalam kondisi sehat sehingga maksimal dalam mengembangkan usahanya.

"Namun faktanya memang masih banyak KRTP yang belum berobat ke Puskesmas dan Rumah Sakit,  sehingga nantinya akan kami kawal dan edukasikan kepada mereka agar memanfaatkan layanan KIS Jamkesda ataupun BPJS PBI yang merupakan hak mereka sebagai warga NKRI," tegasnya. (Tofa)


No comments:

Write a Comment


Top