BAZNAS Siap Bekerja Sama dengan Jalin Matra PFK (Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan) 2018, begini penjelasannya?

Koordinator Jalin Matra Jawa Timu KH. Junaidi bersama Ketua BAZNAZ Kab. Bondowoso Muhlis. AR. 

BONDOWOSO - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bondowoso, KH. Junaidi menerima kunjungan Muhlis Adi Rangkul, koordinator Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) tahun 2018 di kantor BAZNAS Bondowoso, Jl. A. Yani, Kelurahan Badean, Kecamatan Bondowoso, Selasa, (22/5/2018).

Dalam kesempatan itu, Muhlis mengaku bahwa program Jalin Matra PFK 2018 merupakan salah satu program unggulan pemerintah Propinsi Jawa Timur yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui bantuan usaha produktif. Adapun sasaran program jalin Matra PFK adalah Kepala rumah tangga perempuan (KRTP) yang secara ekonomi tidak mampu. Mereka ini nantinya akan dibantu oleh pemerintah Jawa Timur agar memiliki usaha untuk membantu ekonomi masyarakat. 

Selain itu, PFK juga memiliki program ceneling dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait maupun dengan instansi lain yang memiliki komitmen dalam program pemberdayaan masyarakat. Diharapkan, OPD terkait maupun instansi yang memiliki komitmen untuk pemberdayaan dapat membantu mensukseskan program tersebut sehingga KRTP yang memiliki usaha dan ingin meningkatkan usahanya semakin berkembang.

"Untuk itu kita ingin bekerjasama dengan BAZNAS Bondowoso untuk ikut serta mensukseskan program jalin Matra dengan memberikan sedikit progam progam yang ada di BAZNAS untuk disinergikan dengan jalin Matra," ujarnya.

Ketua BAZNAS Bondowoso akan menindaklanjuti, Setelah mendengar dan memahami penjelasan itu, Namun pihaknya menggarisbawahi bahwa pihaknya sangat sepakat apabila ada sinergi antara program jalin matra dengan BAZNAS. "Insyaallah kita bisa kerjasama nanti setelah puasa. Kalau memungkinkan kita akan menjadikan salah satu desa yang menjadi sasaran program jalin Matra itu untuk kami jadikan desa binaan BAZNAS," kata KH. Junaidi.

Selanjutnya, Muhlis mengaku akan menyiapkan berkas berkas dan data data yang dibutuhkan oleh BAZNAS. Menurut Muhlis, jika semua berjalan Sesuai rencana, maka tahun ini KRTP akan lebih sejahtera dan mandiri. Muhlis juga mengaku juga akan melakukan ceneling dengan OPD lain diantaranya adalah Dinas Kesehatan, Disperindag.
Untuk dinas kesehatan pihaknya akan mengharapkan adanya program yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat dan lainnya, sedangkan dengan Disperindag pihaknya juga akan meminta kerjasama di bidang pelatihan pengembangan usaha KRTP dan juga bantuan usaha produktif. (JAMHARIR)


No comments:

Write a Comment


Top